SISTEM KEMUDI
1. Fungsi.
Fungsi sistem kemudi adalah untuk mengatur arah
kendaraan dengan cara membelokkan roda depan.
2. Cara kerja.
Bila steering wheel (roda kemudi)
diputar, steering coulomn (batang kemudi) akan meneruskan tenaga putarnya ke steering
gear (roda gigi kemudi).
Steering gear memperbesar tenaga putar ini sehingga dihasilkan momen puntir yang
lebih besar untuk diteruskan ke steering lingkage. Steering lingkage akan
meneruskan gerakan steering gear ke roda-roda depan. Jenis sistem kemudi pada
kendaraan menengah sampai besar yang banyak digunakan adalah model
recirculating ball dan pada kendaraan ringan yang banyak digunakan adalah model
rack dan pinion. Agar sistem kemudi sesuai dengan fungsinya maka harus memenuhi
persyaratan seperti berikut :
Ø Kelincahannya baik.
Ø Usaha pengemudian yang baik.
Ø Recovery (
pengembalian ) yang halus.
Pemindahan
kejutan dari permukaan jalan harus seminimal mungkin.tipe kemudi :
a. Recirculating ball
Gambar 1. Recirculating ball
- Steering wheel
- Steering coloumn
- Steering gear
- Pitman arm
- Idle arm
- Tie rod
- Relay rod
- Knuckle arm
b. Rack and pinion
Gambar
2. Sistem kemudi Rack and pinion
1.Steering
wheel
2.Steering
coulomn
3.Universal
joint
4.Housing
steering rack
5.Booth
steer
6.Tie
rod
3. Konstruksi.
Pada umumnya konstruksi sistem kemudi terdiri
dari tiga bagian utama yaitu :
a) steering
coulomn
Steering
coulomn terdiri dari
main shaft yang meneruskan putaran steering wheel ke steering gear dan coulomn
tube yang mengikat main shaft ke body.Bagian ujung atas dari main shaft
dibuat meruncing dan bergerigi sebagai tempat mengikatkan steering wheel
dengan sebuah mur pengikat.
Bagian
bawah main shaft dihubungkan dengan steering gear menggunakan flexibel joint
atau universal joint yang berfungsi untuk menahan dan memperkecil
kejutan dari steering gear ke steering wheel yang diakibatkan oleh keadaan
jalan.
Steering coulomn harus dapat menyerap gaya
dorong dari pengemudi dan dipasangkan
pada body melalui bracket coulomn tipe breakaway sehingga dapat bergeser turun
pada saat terjadinya tabrakan.
Pada kendaraan tertentu,steering coulomn
dilengkapi dengan :
· steering lock yang
berfungsi untuk mengunci main shaft.
· Tilt steering yang
berfungsi untuk memungkinkan pengemudi menyetel posisi vertikal steering
wheel.
· Telescopic steering yang berfungsi untuk mengatur panjang main
shaft,agar diperoleh posisi yang sesuai.
b) steering gear
Steering Gear berfungsi untuk
mengarahkan roda depan dan dalam waktu yang bersamaan juga berfungsi sebagai
gigi reduksi untuk meningkatkan momen agar kemudi menjadi ringan.
Steering gear ada beberapa type
dan yang banyak di gunakan adalah type recirculating ball dan rack and pinion.
Berat ringannya
kemudi ditentukan oleh besar kecilnya perbandingan steering gear dan
umumnya berkisar antara 18 sampai 20:1. Perbandingan steering gear yang semakin
besar akan menyebabkan kemudi semakin ringan akan tetapi jumlah putarannya
semakin banyak, untuk sudut belok yang sama.
Jumlah
putaran roda kemudi (derajat)
Perbandingan steering gear = ---------------------------------------------
(tipe recirculating ball) Jumlah gerakan pit man arm
(derajat)
Jumlah
putaran roda kemudi (derajat)
Perbandingan steering gear = -----------------------------------------------
(tipe rack and pinion) besarnya sudut belok roda
depan(derajat)
c) Steering linkage
Steering linkage terdiri dari rod dan
arm yang meneruskan tenaga gerak dari steering gera ke roda depan. Gerakan roda
kemudi harus diteruskan ke roda-roda depan dengan akurat walaupun mobil
bergerak naik turun. Ada beberapa tipe steering linkage yaitu :
·
Steering linkage untuk suspensi rigid
Steering linkage tipe ini terdiri dari
pitman arm, drag link, knuckle arm, tie rod dan tie rod end. Tie rod
mempunyai pipa untuk menyetel panjangnya rod.
·
Steering linkage untuk suspensi independence.
Pada tipe ini
terdapat sepasang tie rod yaitu yang disambungkan dengan relay rod
(pada tipe rack dan pinion, rack berfungsi sebagai relay rod.
Untuk menyetel panjangnya rod, maka dipasangkan sebuah pipa diantara tie rod
dan tie rod end.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar